Page

WARNING...!!!

Selamat Datang Di Blog Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Borneo Tarakan

Sejarah Berdiri IMPA UB

Awal dari terbentuknya organisasi ini dimulai pada tahun 2001 pada saat Universitas Borneo berdiri. Pada saat itu beberapa orang (Syahrin, M. Nizar/Jhody, Bintang Abdi/Brendhy, Zainal Abidin/ Camat, Kamsir, Ahmad Sholikun, Arianti, dan nama-nama sebagian tidak diketahui) dari perwakilan tiap-tiap Fakultas yang sama-sama memilikihoby berpetualang berkumpul membicarakan tentang kegiatan-kegiatan petualangan.

Sampai pada akhirnya mereka memutuskan untuk berpetualang bersama menyusuri pantai Pulau Tarakan (dari Pantai Amal sampai ke Juata). Saat dalam perjalanan itulah muncul ide untuk mendirikan sebuah organisasi sebagai wadah yang dapat menyalurkan minat mereka, dan akhirnya mereka sepakat membentuk organisasi Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Borneo yang disingkat "IMPA UNEO". Selepas petualangan pertama yang mereka lakukan Musyawarah pembentukan Kepengurusan IMPA UNEO yang pertama. dari hasil musyawarah itu terpilih sdr Syahril sebagai Ketua Umum dan keputusan itu disahkan pihak Rektorat Inversitas Borneo. Pada saai itu Kepengurusan IMPA UNEO memiliki beberapa Divisi, antara lain : Divisi Rock Climbing, Divisi Mountaneering, Divisi Rafting, dan Divisi Lingkungan Hidup.

Sejalan dengan bergulirnya waktu, perjalanan organisasi ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan setelah sempat berjalan sekitar satu tahun, Orgainsasi ini mengalami kevakumanyang diakibatkan kesibukan dari masing-masing anggota. Dari pihak Rektorat sendiri menganggap Organisasi ini sudah tidak berjalan lagi. Bahkan ada kabar yang menyatakan bahwa organisasi ini telah dipulihkan. Setelah beberapa tahunmengalami kevakuman, Sekitar akhir 2004, sdr M.Nizar/Jhody yang pada masa kepengurusananpertama menjabat sebagai Kadiv Rock Climbing mengambil inisiatif mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki minat dan hoby bertualang untuk kembali mengaktifkan organisasi IMPA UNEO yang telah vakum. Usaha sdr M.Nizar/Jhody ternyata tidak sia-sia.

Dia berhasil mengumpulkan sebanyak 26 orang mahasiswa Herman(Ujang), Helman(Ampal), Datu Limbang, Rauli(Dai), Firdaus(Opa), Umar Arif(Sappo), Umarudin, Amin Abdillah(Lionk), Hairil, Abdul rauf(Adoel), Rabet(Rawang), Nursia(Chia), Nuryani(Nani), Sulastri Novita(bunda Novi), Ishaq Shaleh(Icha), Ratna Dewi(Atiek), Zaenal(Doank), Zaenal Abidin(Camat), Amrul Hidayat (Dayat), Akbar Syarif (Bondeng), Ali Akbar(Tabe), Bintang Abdi(Brendhy), Erna B, Darto(Akir), Fadli AS(Alex). Dari 6 Fakultas yang ada di Universitas Borneo.

Setelah terkumpul sebanyak 27 orang Mahasiswa, bertempat di gedung B Lantai 2 universitas Borneo diadakan rapat untuk membahas pendirian kembali Ikatan Mahasiswa Universitas Borneo yang sebelumnya disingkat IMPA UNEO. Setelah melalui pembicaraan yang panjang, seperti ketika pertama kali terbentuk 27 orang tersebut sepakat untuk mengadakan Camping (dua orang tidak bisa mengikuti camping bersama yaitu Bunda Novi dan ima) di dalam kawasan hutan Lindung pantai Amal (Sekarang tempat itu dikenal dengan nama Bujor Area) Selama 3 hari 2 malam. (Akhir Desember 2004).

Beberapa Bulan setelah camping pertama kalinya, tepatnya tanggal 10 April 2005) diadakan musyawarah Besar yang pertama kalinya bertempat gedung B lantai 2. Musyawarah Besar itu dilaksanankan sangat sederhana. Tetapi walupun sederhana Musyawarah itu berjalan dengan lancar dan menghasilkan beberapa keputusan. Diantaranya menyepakati perubahan nama Organisasi yang sebelumnya bernama IMPA UNEO men jadi IMPA UB. Selain itu pada musyawarah itu juga dihasilkan AD/ART, peraturan-peraturan organisasi yang sebelumnya sdr Herman/Ujang sebagai ketua umum IMPA UB. dalam musyawarah itu juga disepakati bahwa pendiri pertama IMPA UB adalah 27 Orang yang nama tercantum diatas.

Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari Musyawarah Besar yang telah dilakukan, kepengurusan (Pada saai itu struktur Organisasi terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Umum, bendahara Umum, Bidang Penelitian dan pengembangan, Bidang Pendidikan & kaderisasi, Bidang Perlengkapan, bidang Operasional, Divisi Rock Climbing, Divisi mountanerring, Divisi Rafing, dan DivisiLingkungan Hidup) yang telah terbentuk mengajukan SK kepada pihak Rektorat, tepatnya tanggal 24 April 2005 Keluarlah Surat Ketetapan (SK) dari Pihak rektorat dengan Nomor 09/116.11.1/SK/2005 yang mengakui keberadaan Organisasi Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Borneo yang disingkat IMPA UB, dan pada saat itu juga (24 April 2005) disepakati sebagai hari lahirnya IMPA UB.